Friday 8 June 2018

JAM KAMPUS : Diajak BUKBER Malah Sibuk Sendiri?

BUKBER a.k.a BUKA BERSAMA, acara kumpul-kumpul silaturahmi bareng temen-temen lo saat waktu buka puasa. Momen dimana lo bisa kembali ngobrol, cerita, dan bercanda bareng temen-temen lo semasa kuliah dulu. Alasan utama kenapa gue nulis ini adalah karena gue udah capek dengan perkataan "Jangan sibuk sendiri dong lo", mungkin diluaran sana juga ada manusia-manusia yang sama kaya gue, capek dengan perkataan seperti itu.

Salah satu alasan utama kenapa banyak manusia diluaran sana yang cenderung menghindar jika menerima ajakan bukber salah satunya adalah PERUBAHAN. Semua temen-temen yang pernah lo kenal dulu udah berubah, gak sama kaya dulu waktu lo masih bergaul langsung sama dia. Gue inget banget dulu pernah ikut bukber angkatan sekolah dan begitu ngobrol terjadilah dialog sebagai berikut, 

Temen : "Rief, lo punya mimpi gak?, mimpi yang gak kesampaian gitu..."
Gue : "Ada beberapa sih, dulu itu waktu kecil gue pernah bermimpi buat jadi tentara macam pasukan khusus gitu, tapi begitu beranjak dewasa dan semakin kesini gue malah pinginnya jadi kaya mercenaries atau anti hero macam John Wick atau The Punisher gitu tujuannya ya buat musnahin ORANG-ORANG LUCU di Indonesia,"
Temen : "Itu mah cita-cita namanya woii *ngeri juga ya. Mimpi gitu yang selalu lo impikan, kaya misalnya lo pingin ke luar negeri gitu nonton Grand Prix atau apa gitu?"
Gue : "Nah iya itu salah satunya nonton Grand Prix, pengen banget suatu hari nanti gue nonton Le Mans 24 Hours langsung di Prancis bareng istri gue sekalian honeymoon gitu hehe,"
Temen : "Oke sekarang gue bisa ngebimbing lo buat menjadikan impian lo itu jadi kenyataan Rief, lo tau MLM gak?"

*Suasana langsung hening...

Ada lagi kasus dimana temen yang gue kenal dulu sekarang malah berubah jadi simpatisan GARIS KERAS salah satu partai politik di Indonesia, obrolan ketika bukber gak jauh-jauh dari politik, pemerintahan saat ini yang katanya UNYU banget dan satu lagi yaitu *Ehm 2019GantiPepsodent. Kondisi seneng dan kangen-kangenan yang gue harepin bakal gue liat malah gak terlihat sama sekali, yang ada malah ribut karena temen gue ini malah ngebahas isu-isu gak jelas yang udah terbukti hoax dan tetep kekeuh kalo isu itu nyata, bahkan saat itu malah hampir berantem loh karena gak terima argumennya dimentahin semua tentang isu-isu gak jelas yang emang udah jelas-jelas terbukti HOAX.

Lanjut lagi dengan kasus dimana ada salah satu temen gue yang fokus di bidang Agama dan menjadi seorang pengajar di salah satu sekolah di Jakarta. Obrolan ketika bukber gak jauh-jauh dari Agama dan fenomena remaja kekinian, bahkan waktu itu gue juga sempet curhat dan nanya pendapatnya tentang orang yang taat banget beragama, menjauhi segala hal yang haram dan kesehariannya gak bisa jauh dari sunnah-sunnah Nabi tapi disisi lain masih kedapatan PACARAN *btw temen yang gue tanyakan ini dia juga salah satunya. Mengingat ini fenomena sering banget gue temuin khususnya di kehidupan nyata dan sosial media jadi gak ada salahnya gue tanyain. Tau gak apa yang terjadi selanjutnya?, CHAOS, saling tunjuk, nyalah-nyalahin bahkan ditengah-tengah obrolan keluar makian kaya "BEGO, TOLOL, GOBLOK". "LO TUH TOLOL," gue pun gak luput dari makian temen gue ini dan semenjak itupun gue mulai berpikir kalo pendidikan dan latar belakang seseorang itu gak 100% bisa mencerminkan kalo seseorang itu akan mempunyai karakter dan sifat yang mewakili pendidikan dan latar belakangnya.

SEE, hal-hal toxic semacam itulah yang ngebuat gue males banget dateng kalo dapet ajakan bukber, lo gak tau kan hal-hal apa aja yang udah dilalui sama temen-temen lo sampai tiba momen dimana lo bisa duduk bareng lagi pas bukber. Perubahan itu pasti dan semua orang pasti berubah, tapi kalo perubahannya malah mengarah ke arah negatif dan ngerugiin orang lain, mending gak usah berubah sama sekali sih.

Salah satu temen ngantor gue sebut aja Tyo pernah curhat ke gue perihal masalah bukber ini, Tyo cerita jadi salah satu temen SDnya ngajakin buat bukber dengan ajakan, "Yo, ikut bukber ya, bayarnya 50 ribu, mau transfer atau bayar langsung ke gue?". Dan ekspresi Tyo saat itu, "Seriously, lama gak ketemu bahkan kemarin-kemarin ngechat aja gak pernah dan tiba-tiba muncul ajakan bukber yang isinya kaya gini,". Mungkin yang dimaksud Tyo adalah harusnya sebelum lo ngajak orang buat bukber (terlebih yang udah lama gak saling kontak), lo nyapa dulu, tanyain kabarnya gimana, terus tanya kesibukannya apa, kerja dimana, bisa atau enggak ikut bukber tanggal sekian, bukannya malah langsung ngechat ngajak begitu bahkan sampe minta bayaran nominal buat biaya bukbernya. Oh iya btw Tyo ini adalah Manager di kantor gue yang suka ngehire karyawan baru dan kalo pagi pas udah jam masuk suka ngumpulin anak-anak diruang meeting buat briefing sebelum mulai kegiatan harian. Jadi gue paham banget kenapa Tyo langsung mengabaikan ajakan temennya (BACA : CHATNYA GAK DIREAD LANGSUNG DIDELETE), karena Tyo sendiri sangat-sangat-sangat menjunjung tinggi Profesionalitas bahkan di lingkup pertemanan sekalipun dan Tyo sendiri pun cerita ke gue kalo semisal alurnya sama seperti yang gue tulis diatas, nyapa-tanya kabar-tanya kegiatan-tanya bisa ikut bukber atau enggak, dia pun bakal ikut bahkan berniat buat jadi sponsor acara bukbernya dengan traktir temen-temennya makan.

Di jaman yang sekarang udah serba canggih, dimana hampir setiap orang sudah megang yang namanya smartphone, dimana semuanya serba mudah, masih ada aja hal negatif yang muncul karena kecanggihan dan kemudahan tersebut. Ajang bukber yang harusnya diisi dengan silaturahmi, kangen-kangenan, dan nostalgia sekarang ini malah jauh dari tiga hal yang gue sebutin tadi, kebanyakan malah pada sibuk sendiri-sendiri sama hpnya. Ada yang sibuk main game, IG-an, ada yang sibuk chating sama pacarnya, dan yang paling ngeselin kalo yang ikut bukber itu orangnya banyak tapi pada sibuk/ngobrol sendiri-sendiri. Gue sendiri lebih prefer bukber dengan orang-orang yang seadanya alias dikit tapi momennya ngena, bisa saling silaturahmi, kangen-kangenan dan yang lebih penting bisa saling becanda kaya dulu lagi ketimbang bukber yang ngikut banyak tapi malah pada sibuk/ngobrol sendiri-sendiri.
GAK NGENA DAN GAK BERASA MOMENNYA AKMJ
JANGAN LIBATKAN ORANG-ORANG YANG ADA DI LUAR KELOMPOK LO SEMASA SEKOLAH/KULIAH LO DULU UNTUK NGERAMEIN ACARA KELOMPOK LO, MEREKA MALAH BAKAL NGERASA TERASINGKAN DAN MIKIR, 
"Ini bukber gini-gini amat, ah besok gue mending gak ikut lagi deh,"
KESAN PERTAMA ITU PENTING

Kalo kesan pertamanya aja udah gak ngenakin untuk seterusnya kesan pertama itu akan kebawa terus dan bahkan akan cenderung menghindar ketika mendengar ajakan bukber.

In the end, ketika lo dapet chat ajakan "Ayolah ikut Bukber jangan sibuk sendiri," lo mungkin bisa bales dengan, "Oke gue ikut, tapi nanti jangan pada sibuk sendiri-sendiri,"
Previous Post
Next Post

Penulis Blog dan Atlet Balap Karung Indonesia, lahir di Jakarta 6 Juni. Sudah menemukan pasangan, seorang gadis yang manis, berpenampilan dinamis, tidak berkumis tapi mirip artis.

0 comments: