Wednesday 4 April 2018

Seri Ilmu Pengetahuan Umum : Lebih Seram Mana?, antara Game Horor V.S Film Horor

Apakah game horor lebih seram daripada film horor? 

Kapan terakhir kali kamu membaca sebuah sinopsis sebuah film horor terbaru dan disaat itu pula kamu merasa ketakutan?, pasti cukup sedikit dari kamu yang merasa ketakutan, dan sekarang kapan terakhir kali kamu memainkan game horor dan berakhir dengan bayang-bayang mimpi buruk setiap kali kamu hendak tidur?, pasti cukup banyak dari kamu yang berhasil dibuat takut oleh game horor kan, simak pembahasan berikut ini.

Film Horor

Film horor lebih banyak mengikuti sebuah tren dan budaya dari suatu daerah dimana dari tren dan budaya itu dibuatlah sebuah cerita yang berkaitan dengan hal-hal mistis, perlu saya perjelas bahwa film horor itu tidak benar-benar bisa membuat kamu takut.

Kita sekarang kembali ke era tahun 70-an (tahun keemasan film horor), pada era tahun 70-an banyak perusahaan-perusahaan film berusaha untuk menampilkan film horor agar terlihat lebih realistis dan jika kita membahas realistis pasti saya akan membicarakan tentang hal-hal yang mungkin dapat terjadi didunia nyata seperti, pembunuhan, pembantaian dan kejadian supranatural.

Film-film seperti The Texas Chainsaw, Silent Hill, dan Excorcism adalah film-film yang terbukti sukses dapat membuat saya ketakutan karena monster benar-benar dibuat sedemikian nyata, ketidakberdayaan tokoh utama, kejadian-kejadian aneh yang diluar akal pikiran manusia, dan hal-hal mistis lainnya.

Gaya dari pembuatan film horor sebenarnya masih bisa membuat kamu takut, jadi kamu akan membayangkan bagaimana jika kamu ada pada posisi yang sama tapi saya enggak pernah bilang kalo film Excorsim itu gak seram ya, tapi saya cuma mengatakan kalau tidak semua film horor bisa membuat kamu takut.

Game Horor

Game horor, banyak gamer yang sukses dibuat takut setengah mati oleh game horor. Perbedaannya dengan film horor adalah bahwa pada game horor kamu adalah ‘karakter utama’. Jadi seolah-olah kamu benar-benar masuk kedunia yang berisi monster-monster yang mengancam nyawa kamu, terus masuk lebih dalam kedalam cerita dengan terus menjaga HP (Health Point), berjalan melewati lorong gelap sembari berburu amunisi untuk mengisi ulang senjata, dan berlari sekuat tenaga dari kejaran monster-monster mengerikan yang haus darah.

Karakter yang berbeda sekali dengan film horor, dimana karakter disini adalah kamu yang mengendalikannya, jika pada film (kita ambil judul Silent Hill) terdengar suara seretan pedang yang terus mendekat maka sang karakter utama akan penasaran dan langsung menuju sumber suara untuk melihatnya tapi jika pada gamenya kamu tidak akan pernah melakukan tindakan bodoh semacam itu, karena kamu sudah tahu bahwa suara itu adalah suara pyramid head yang sedang menyeret pedangnya dan sekali lagi dia akan mencoba untuk membunuh kamu dengan pedang besarnya itu, kamupun akan mencoba untuk berlari menjauh sejauh-jauhnya atau mencoba memutar mencari jalan lain berharap tidak bertemu lagi dengan sosok pyramid head sang pembalas dosa.

Monster yang paling gue takutin di game Silent Hill, PYRAMID HEAD
Fitur-fitur seperti suara teriakan dan bisikan-bisikan aneh dapat membuat kamu merinding dan seolah-olah berhati-hati dalam memasuki ruangan-ruangan tertentu. Monster-monster yang haus darah juga bisa muncul kapan saja dan dapat membuat kamu waspada sepanjang permainan. Fitur lainnya seperti lompatan monster yang tiba-tiba menyergap kamu dari belakang juga tidak kalah seramnya.

Game horor sebenarnya memiliki tema yang sama dengan film horor, tapi jika kamu mencoba lari dari kejaran pyramid head yang ingin membalas semua dosa yang telah kamu perbuat pada Silent Hill : DOWNPOUR atau menelusuri desa terkutuk yang dipenuhi makhluk dunia lain pada Amnesia : The Dark Descent, pengalaman yang diberikan adalah 100x lebih seram dibandingkan dengan film horor.(2 game diatas sukses membuat saya tidak bisa tidur).

Berperan sebagai karakter dalam game horor juga merupakan nilai tambah tersendiri. Dalam film horor, kamu hanya mempunyai waktu 120 menit untuk mengenal karakter, mengikuti alur cerita, mencapai klimaks, dan sampai di akhir cerita. Namun dalam game horor kamu butuh waktu berjam-jam untuk mengenal karakter, mengikuti alur cerita yang terdiri dari beberapa chapter dan cerita dapat mencapai klimaks beberapa kali bukan hanya satu atau dua kali.

Kesimpulannya adalah kamu terus menerus merasa takut saat memainkan game horor tapi hanya kadang-kadang pada saat menonton film horor.

Hanya untuk sekedar sumber referensi, dibawah ini ada 5 judul film dan game horor yang terbukti menakutkan, tapi ini hanya menurut pendapat saya saja :

FILM :


1. The Texas Chainsaw
2. Excorcism
3. Insidious
4. Teke-Teke
5. The Conjuring

GAME :


1. Amnesia : The Dark Descent
2. Silent Hill : DOWNPOUR
3. FEAR
4. Fatal Frame 2
5. Doom 3
Previous Post
Next Post

Penulis Blog dan Atlet Balap Karung Indonesia, lahir di Jakarta 6 Juni. Sudah menemukan pasangan, seorang gadis yang manis, berpenampilan dinamis, tidak berkumis tapi mirip artis.

0 comments: