Sunday 5 February 2017

JAM KAMPUS : Masih Banyak Ikan Di Lautan

Belakangan ini gue sering mendengar sebuah ungkapan kekinian yang selalu muncul apabila seseorang sedang patah hati yaitu, Masih Banyak Ikan Di Lautan. Kalimat itu bermakna bahwa masih banyak spesies manusia lainnya yang bisa kamu jadikan gebetan, jadi gak perlu meratapi kepergian seseorang karena masih ada seseorang lainnya yang bisa kamu gebet, tapi apakah ada seseorang yang seperti doi lagi?, seseorang yang bisa membuat kita nyaman seperti dulu lagi?, seseorang yang selalu terpikirkan oleh kita dulu?, apakah semua perasaan cinta itu akan sama persis seperti sebelumnya?

Masih banyak ikan di lautan, tapi apa akan ada ikan yang sama seperti sebelumnya?

Dalam hidup ini pasti kita pernah mengalami yang namanya perjalanan cinta, dari mulai cinta pertama waktu masih kecil "si dia yang waktu itu imut banget dan ketika sudah besar si dia berubah menjadi cantik jelita". Saya inget banget dulu dia itu imut banget dan sekarang ketika saya melihat wajahnya, saya selalu merasa ada yang berbeda dengan cewek yang dulu pernah saya lihat, wajahnya mirip seperti SEEKOR RAKUN.

Cinta monyet, cinta laler, cintai produk-produk Indonesia, ya pokoknya kita sebagai umat manusia pasti pernah mengalami percintaan dan berharap suatu hari nanti akan bertemu dengan seseorang yang pas di hati kita. Mencari dan mencari bahwa seseorang itu memang ada dan lahirlah sebuah hubungan yang dinamakan "PACARAN", dan kalau sudah tidak cocok kita tinggal memutuskan hubungan tersebut dan mencari lagi yang lain dengan sebuah kata mutiara :

"Masih banyak ikan di lautan"
(Padahal kita sedang mencoba untuk menjalin hubungan cinta dengan sesama umat manusia bukan sama ikan).

Dengan alasan tidak cocok tersebut lalu lahirlah artefak peninggalan masa pra sejarah yang disebut "SANG MANTAN". Tapi menurut saya sih gak ada salahnya jika kita mau mengakhiri sebuah hubungan toh jika kita hanya akan menguras energi kita atau capek sendiri dan ngebohongin diri kita sendiri ya lebih baik diakhiri saja hubungannya, toh diluar sana :

"Masih banyak ikan di lautan"

Jadi kita tinggal mancing lagi. Tapi janganlah engkau sampai mancing ditempat yang salah.

Punya mantan itu HAMPIR gak ada ruginya (ya 1 atau 2), bisa jadi pembelajaran buat kita juga bahwa dulu kita pernah bertemu dengan orang-orang yang BERMASALAH. Belajar dari kesalahan atau istilah kasarnya "Jangan Dongo", jangan sampai mengulang kesalahan untuk kedua kalinya. Tapi kalo sampe mengulang kesalahan terus gimana?, punya mantan berjibun gitu, berarti dia otomatis dongo.

"Tapi dongo disini bukan berarti dia bertindak seperti idiot yang ngeces-ngeces, dan lari berkeliaran pukul 2 pagi buat ngubek-ngubek comberan. Dia dongo dalam hal percintaannya".

Teringat perkataan manusia yang sangat bijaksana, "Ketika tuhan hendak menghilangkan nikmat hambanya, maka pertama kali yang dihilangkan adalah nikmat akalnya".

Hampir semua umat manusia didunia ini pasti punya yang namanya mantan dan mengalami banyak kerugian, dari mulai rugi perasaaan, rugi air mata, rugi duit, dan lain-lain. Kenapa?, karena kita semua umat manusia punya sifat yang sama yaitu BRENGSEK-Belom kerasa pacaran kalo gak ngegesek.

(sorry rada frontal pake kata brengsek, soalnya kalo pake kresek nanti malah jadi global warming dan tujuan gue nulis ini juga karena pengin ngajak kita para orang-orang brengsek buat ngaca dan merenung).

Punya mantan bejibun itu adalah KERUGIAN BESAR. DITEROR MISALNYA, hidup jadi gak tenang karena terus-terusan diteror oleh sang mantan. Macarin cewek dengan alasan mau melindungi dia dari teror mantan terdahulu atau membantunya untuk melupakan mantan terdahulu adalah HAL TERBODOH YANG DULU PERNAH SAYA LAKUIN. Entah apa yang terjadi antara dia dengan dia di masa lalu, pasti itulah penyebabnya. Percaya atau enggak, mantan BANYAK itu cuma karena pelampiasan sama buat seneng-seneng aja, bosen?, langsung ditinggal terus nyari lagi.

Kunikmati hidupku sambil kutonton drama ini. Aku bersyukur dalam hati, ternyata sedikit itu jauh lebih berarti. Sambil mengambil pelajaran kuangkat cangkir kopi. "Tuhan, jangan jadikan aku seperti dia nanti..."

Balada sang Mantan. Mungkin makhluk paling gelisah sejagat Indonesia ini adalah sang Mantan. Ia gelisah ketika terpikirkan sang mantan. Ia gelisah ketika teringat momen-momen tertentu oleh sang mantan. Dan Ia kembali gelisah ketika tidak sengaja bertemu dengan Mantan.

Selalu muncul dadakan dipublik. Dengan gaya kadang marah karena merasa diusik. Ia selalu membuat situasi hatinya berisik. Ketika hatinya mulai panas, ia muncul dengan wajah seram dan berkata, "kamu dulu gak asik".

Hidup ini gak asik.

Orang yang menjalin hubungan pacaran pasti pernah tersirat di otaknya hal-hal yang ngeres mengenai pacarnya. Banyak dari mereka yang kelepasan dan melakukan tindakan GRAB (bahkan sampe berbekas) dan hanya sedikit yang berjuang untuk menahannya mati-matian dengan alasan :

"Aku ingin melindungi dia"

Seenggaknya itu adalah alasan paling munafik didunia ini, tapi karena kemunafikan itu dan tidak adanya kesempatan untuk menjadi brengsek maka sedikit dari mereka yang berhasil untuk melindungi pacarnya sampai akhir.

Pengalaman saya tentang perempuan sangat sedikit, saya selama ini hanya menjalin hubungan pacaran dengan perempuan yang benar-benar belum pernah pacaran (pacaran yang pertama durasinya 1 tahun 3 bulan), saya belum pernah pacaran dengan perempuan yang punya mantan banyak dan ternyata sudah tidak higienis (pacaran yang kedua durasinya cuma 2 bulan). Akhirnya saya memutuskan untuk menjalaninya karena saya ingin mengetahui tentang KEBENARAN, ya meskipun dia sering minta udahan tapi saya tolak karena saya ingin mengetahui lebih lanjut tentang KEBENARAN dan ketika saya sudah benar-benar mengetahui tentang semuanya saya yang akhirnya mengakhiri hubungan dengan dia.

"Saya adalah orang paling jahat bagi dia, saya adalah orang paling brengsek didunia ini"

MESKIPUN BEGITU,

"Saya adalah orang paling baik didunia ini karena selalu mencoba untuk tidak marah ketika dia kedapatan masih berkomunikasi dengan mantan-mantannya"

"Saya adalah orang paling sabar didunia ini karena selalu sabar ketika dia bercerita tentang hal-hal yang pernah dia LAKUKAN bersama mantan-mantannya"

"Dia yang selalu minta untuk menyudahi hubungan ini dan saya yang selalu menolaknya adalah bukti bahwa itu semua hanya untuk menge-TEST apakah saya beneran sayang sama dia atau enggak". Dan mulai detik itu pun saya sadar bahwa saya adalah orang paling bodoh didunia ini dan saya bangga akan hal itu.

"Anaknya dipacarin, dibawa kemana-mana, gak tau DIAPAIN AJA, GRATIS. Tapi giliran anaknya dilamar, dinikahin,  dijagain seumur hidup langsung dimintain 20 juta", ya itulah sekilas realita yang terjadi sekarang ini. Siapa yang salah?, SALAHKAN PERGAULAN. Sampai postingan ini ditulis gue pun mulai bertekad untuk tidak menjadi orang yang brengsek dan tidak ikut-ikutan pada pergaulan yang tidak sehat. Dan yang lebih penting :

"Gak mengulangi kesalahan yang sama di keesokan harinya"

Kesimpulan gue mengenai PACARAN adalah :

"lebih baik sendiri dulu, persiapkan diri, mapan, ngumpulin duit dan ketika lu udah nemuin perempuan yang cocok ama lu dan ngebuat lu yakin se yakin-yakinnya sama doi langsung nikahin, pacarannya nanti setelah nikah"

Dalam ajaran Agama Islam cinta itu yang sebenarnya adalah cinta kepada Tuhan dan mencintai perempuan semata-mata hanya karena Tuhan. Itulah yang namanya cinta sejati yang bukan khayalan semata.

Dan bodohnya dulu gue lupa sama ajaran yang Kanjeng Mami ajarkan ke gue.

GUE BODOH BANGET
Sekarang gue jadi tau alasan kenapa sampe sekarang Kanjeng Mami selalu ngelarang gue buat pacaran.

Dijaman sekarang ini, dijaman yang udah serba kebalik ini, susah banget rasanya nemuin cinta yang terbaik itu. Nemuin sosok perempuan yang benar-benar belum di APA-APAin itu emang susah. Pergaulan bebas kalo ditelusuri lebih dalam udah ada sejak jaman manusia purba kali dan gak pernah hilang.

"Masih banyak ikan di lautan, tapi ada bekas luka pancingnya"

Tergantung dari pribadi lu sendiri bisa nerima dia apa adanya atau enggak?, dan sampe artikel ini ditulis gue pun sadar kalo dulu gue gak bisa nerima dia apa adanya. BIARIN AJA.

Mulai aja dari diri sendiri dulu, disini gue ngajak kalian yang lagi baca artikel ini buat berhenti jadi orang brengsek dan jangan pernah menjadi salah satunya. Mulai berubah jadi lebih baik lagi, jangan karena yang lain begitu terus lu juga ikut-ikutan begitu juga, JANGAN BRO. Jadi teringat kata bijak yang selalu terngiang di pikiran gue :

"Untuk menciptakan masa depan kita harus berubah"

So... Berubahlah biar kedepannya lu bisa jadi semakin lebih baik dan lebih baik lagi...
Previous Post
Next Post

Penulis Blog dan Atlet Balap Karung Indonesia, lahir di Jakarta 6 Juni. Sudah menemukan pasangan, seorang gadis yang manis, berpenampilan dinamis, tidak berkumis tapi mirip artis.

1 comment: